Kelebihan Dan Kekurangan Aki Mobil Yang Sering Digunakan

06/11/2019

Aki mobil adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah mobil. Tanpa aki, maka mobil tidak akan bisa dijalankan dengan sendirinya. Aki ini menjadi sumber energy listrik yang ada di dalam mobil yang kemudian disimpan dalam bentuk kimia yang dapat digunakan untuk menghidupkan segala macam komponen atau sumber listrik yang ada. Saat Anda akan menjalankan mobil, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis aki yang digunakan. Pasalnya, kesalahan dalam menggunakan jenis aki ini dapat berakibat fatal dan juga aki akan berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Jenis aki yang pertama adalah aki kalsium. Aki ini sangat jauh berbeda dengan Aki mobil lainnya. Pasalnya, kutub yang ada di aki ini terbuat dari material berupa kalsium. Salah satu kelebihan dari aki ini adalah memiliki tingkat penguapan yang lebih minim jika dibandingkan dengan aki versi sebelumnya. Bukan hanya itu saja, daya tahan aki jenis kalsium ini juga sangat baik saat dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Akan tetapi, kelemahan dari aki ini adalah masih sulit ditemukan di Indonesia dan juga harganya pun masih tergolong mahal sehingga banyak orang yang belum mengenal dan merasakan bagaimana performa dari aki yang satu ini.

Baca juga : Jenis Aki Mobil yang Harus Dipahami

aki selanjutnya yang juga harus Anda ketahui adalah jenis aki hybrid. Sesuai dengan namanya, aki ini merupakan aki hasil perkawinan antara jenis aki biasa dengan aki kalsium. Aki ini memiliki banyak kelebihan seperti tingkat penguapan yang sangat minim dan pastinya tidak akan membutuhkan perawatan yang tinggi dan juga ribet. Aki ini juga hampir sama dengan Aki mobil kalsium yang belum banyak ditemukan dan juga jarang. Terlebih cairan elektrolit yang ada di dalam aki ini tergolong sangat berbahaya bagi manusia karena bersifat korosif. Terlebih jika menggunakan mobil Daihatsu, maka harus diketahui sesuai dengan jenis mobilnya karena aki ini merupakan sumber kehidupan dari sebuah mobil jadi tak bisa dilakukan dan dipilih dengan main-main saja.