Adab Membaca Doa Naik Kendaraan Darat

09/17/2019

Berdoa adalah sebuah amalan yang mulia. Amalan ini adalah salah satu perintah Allah. Pahala lah balasannya. Kita bisa mengamalkannya kapan saja dalam melakukan aktivitas. Salah satunya adalah dengan membaca doa naik kendaraan darat.

Kapan saja kita akan pergi dengan naikkendaraan darat, maka amalan yang wajib kita lakukan adalah membaca doa. Setelah membaca doa akan pergi, maka kita bisa meneruskan dengan membaca doa khusu naik kendaraan darat.

Untuk lebih jelasnya, kita harus tahu adab yang baik dalam membaca doa naik kendaraan darat:

  • Keluar rumah dengan kaki kiri dan membaca doa keluar rumah. Tujuannya adalah untuk mengawali niat baik kita dalam bepergian.

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Dilafalkan : "Bismilaahi tawakkaltu 'alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi"

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja".

  • Masuk ke dalam kendaraan dengan menggunakan kaki kanan. Langsung awali juga saat itu dengan membaca basmalah.
  • Setelah duduk, barulah kita membaca doa akan naik kendaraan darat berikut :

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna.

Artinya :
"Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

Hanya ada tiga hal yang termasuk dalam adab membaca doa akan naik kendaraan darat. Namun di pin kedua dan ketiga bisa saja dijadikan satu. Jadi kita membaca doa akan naik kendaraan sekaligus saat masuk ke dalam kendaraan darat menggunakan kaki kanan. Tetapi tujuannya tetap sama, yakni memohon perlindungan kepada Allah selama perjalanan.

Usahakan membaca doa akan naik kendaraan darat sebelum kendaraan berangkat atau ngegas. Hal ini sangatlah perlu karena memang tujuan utama dari pembacaan doa ini adalah untuk bekal perjalanan.

Pembacaan doa naik kendaraan darat ini adalah hal yang sangat terpuji, efeknya pun akan sampai kepada hati. Kita bisa menjadi lebih tenang dalam perjalanan. Kita pun akan merasa nyaman dan terlindungi.

Baca juga : 12 Adab Bepergian Dalam Islam, Termasuk Membaca Doa Naik Kendaraan Darat